dimanakah posisi kita?

“Rabbii innii lima anzalta ilayya min khairin faqiir”

Duhai Pencipta, Pemelihara, Pemberi rizqi, Pengatur urusan dan Penguasaku, sesungguhnya aku, terhadap apa yang Kau turunkan di antara kebaikan, amat memerlukan. (**)

Seorang Musa, yang telah Allah berkahi jalan hidupnya, seorang nabi dan rasul Allah, meminta padaNya dengan doa yang sangat indah. Dia merundukkan diri dan berlirih hati. Tidak dengan susunan kalimat perintah. Dia tidak mengatakan, “Ya Allah berikan… Ya Allah turunkan… Ya Allah sediakan…”.

Dia tahu bahwa Allah dengan ilmuNya yang sempurna lebih mengerti apa yang kita perlukan dan apa yang baik bagi diri ini daripada pribadi kita sendiri. Musa menunjukkan bahwa berdoa bukanlah memberitahu Allah apa hajat-hajat kita, sebab Dia Maha Tahu. Berdoa adalah bincang mesra dengan Rabb yang Maha Kuasa, agar Dia ridhai yang Dia limpahkan, Dia ambil, ataupun yang Dia simpan untuk kita.

Maka, Musa tidak mengatakan, “Ya Allah berikan padaku makanan”. Dia pasrahkan karunia yang dimintanya pada ilmu Allah Yang Maha Bijaksana. Dia percayakan anugerah yang dimohonnya pada pengetahuan Allah Yang Maha Dermawan. Dia pun mengatakan, Rabbi, sesungguhnya aku, terhadap apa yang Kau turunkan di antara kebaikan, amat memerlukan”.

***

Saya menangis membaca kutipan doa ini. Doa Nabi Musa ‘Alaihissalam yang dia panjatkan saat sedang kelelahan dan lemah tak berdaya di tepi sungai. Sungguh, bergetar hati saya. Saya, hambaNya yang berlumur dengan dosa dan dipenuhi dengan kesalahan serta kehilafan, justru masih sering mendikte Allah dengan rentetan hajat serta keinginan yang tiada habisnya. Padahal Allah Maha Tahu apa yang kita butuhkan. Allah Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita.

Astagfirulaahaladziim T__T

Yaa Allah, Yang Maha pengampun, Maha Penyayang, Tuhan Semesta Alam, aku berlindung kepadamu dari kesombongan, ketidaktahuan dan segala penyakit hati.

(**) Buku Lapis-lapis Keberkahan, karya Salim A. Fillah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s